[Review] Devil's Due

Directed by Matt Bettinelli-Olpin & Tyler Gillett
IMDB Rating: 4.3 / 10 (diakses pada 20 Januari 2014)

Zach (Zach Gilford) dan Samantha (Allison Miller) baru saja menikah. Mereka mengambil perjalanan bulan madu ke Dominika dan mengalami hari-hari yang menyenangkan. Sekembalinya pulang ke rumah, Samantha menemukan dirinya hamil. Mereka bahagia, awalnya, hingga kejadian-kejadian ganjil mulai terjadi seiring umur bayi yang semakin dekat dengan kelahirannya. Sesuatu berjalan dengan sangat salah.

---


Devil’s Due’ merupakan sebuah horror found-footage yang disutradarai oleh Matt Bettinelli-Olpin dan Tyler Gillett. Bercerita mengenai sepasang pengantin baru yang menemukan keanehan pada kehamilan pertama keluarga mereka.

Film dibuka dengan scene dimana Zach sang suami yang tidak mengakui (pada polisi) bahwa ia adalah dalang dari sebuah ‘kejadian’. Membuat kita bertanya-tanya ‘kejadian’ seperti apa yang dituduhkan kepadanya, walau sedikit-banyaknya kita sudah diberi petunjuk bagaimana ending film ini akan berjalan.

Alur cerita dari ‘Devil’s Due’ akan mengingatkan kita pada franchise Paranormal Activity’. Tentang anak dan juga beragam hal-hal lain. Bedanya, pada film yang digarap Matt Bettinelli-Olpin dan Tyler Gillett ini kita tidak akan melihat benda-benda bergerak sendiri, ‘Devil’s Due’ lebih menyorot kepada perubahan tingkah seseorang saat diri mereka mulai dikuasai oleh ‘sesuatu’ yang lain seperti halnya Jesse dalam ‘Paranormal Activity: The Marked Ones’. Alur cerita dari film ini dipersiapkan dengan matang dan dieksekusi dengan tidak terburu-buru. Kita dengan sangat perlahan akan melihat bagaimana drama orang-orang yang tadinya sangat bahagia berubah menjadi sedikit bingung lalu kemudian ketakutan itu sendiri.

Dua pemeran utama dalam film ini, Zach Gilford dan Allison Miller, sangat menyenangkan. Mereka tidak hanya menarik dari segi penampilan melainkan kualitas juga. Hubungan mereka begitu terasa dengan emosi Allison yang semakin lama semakin terguncang karena keadaan, yang justru membutnya (mau tak mau) unjuk kemampuan.

Konsep found-footage-nya keren, tidak membosankan. Penulis naskah, Lindsay Devlin, tampaknya telah belajar dari seri ‘Paranomal Activity’ dan juga ‘Rec 2’, bahkan konsepnya bisa dikatakan lebih baik dari pada ‘Paranormal Activity: The Marked Ones’ yang baru tayang belakangan ini. Dalam film ini, kita tidak hanya terfokus pada kamera-kamera yg dipasang di sebuah rumah ataupun kamera sang pemeran utama. Melainkan juga melalui entah-kamera-siapa yang berada di lokasi kejadian dan juga kamera-kamera CCTV.

Suasana yang dibangun di sepanjang film bervariasi. Mulai dari scene-scene drama bahagia hingga pada yang begitu mencekam dan juga misterius dengan posisi kamera yang pandai menyembunyikan, hingga membuat kita was-was untuk apa yang akan terjadi di balik kegelapan.

Walaupun film ini tidak mengandalkan banyak kejadian paranormal layaknya ‘Paranormal Activity’, bukan berarti film ini tidak memiliki efek kejut yang berarti. ‘Devil’s Due’ punya cara sendiri melakukannya. Orang-orang di balik layar film ini meletakkan efek kejut pada kejadian yang tak disangka-sangka; baik melalui proses editing yang tak diduga ataupun dialog cerdas yang menuntut itu.

Klimaks film ini dibangun dengan tepat. Begitu perlahan dengan dimulai dari masalah kecil: rasa penasaran Zach, hingga pada kejadian besar yang belum kita lihat di sepanjang film. Tapi sayangnya, sang penulis naskah tampaknya tak ingin filmnya terlewat mengerihkan dan menjadi gelap begitu saja di akhir. Ia kembali memasukkan alur drama serta kemasukakalan, sehingga pada akhirnya Zach akan berurusan dengan polisi di akhir dan menuntaskan segala hal di sana tanpa memberikan apapun lagi. Cukup disayangkan memang.

Satu pertanyaan bagus yang (sengaja) ditinggalkan film ini kepada penontonnya bahkan ketika film benar-benar sudah berakhir: “How did you know?

---


Tags :  ,  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages