[Others] KMO Batch 23


Berawal dari ajakan teman di sebuah grup pada bulan April 2020, penulis iseng mengikuti sebuah kelas daring berbasis whatsapp dan telegram; Kelas Menulis Online (KMO) Batch 23.

Sudah lebih 5 (lima) tahun berkecimpung di dunia kepenulisan dan telah menerbit banyak penulis serta buku, KMO ternyata tidak hanya berfokus pada pemberian materi tetapi juga praktik langsung kepada para peserta.

Materi-materi yang diajarkan selama KMO Batch 23 berlangsung (ada empat materi) bak permata. Terlihat kecil tetapi penting dan sangat mahal. Semua kegiatan tulis-menulis, mulai dari mencari ide hingga proses yang jarang disentuh atau dipedulikan banyak penulis, marketing, dibahas. Sesi tanya-jawabnya adalah yang paling ditunggu, dimana kita bisa mendapat pencerahan tentang apa yang mengganjal, tentang kendala-kendala yang kita temui dalam proses menulis. Satu saran penulis kepada siapa saja yang sedang/akan mengikuti kelas daring (kelas daring apapun); hindari bertanya dalam bentuk kalimat yang hanya membutuhkan jawaban “ya” atau “tidak”.

Adapun praktik langsung yang diterapkan dalam KMO berupa pengerjaan tugas-tugas dengan deadline–tugas disesuaikan dengan materi yang disampaikan pada hari itu. Dimana nantinya (dengan praktik ini) diharapkan para peserta mampu menjadi penulis yang baik dan punya komitmen menulis meskipun kelas telah usai.

Sebagai poin tambahan, yang tak kalah penting dari materi dan praktik, adalah perkenalan dengan teman-teman dari seluruh penjuru Indonesia. Selain bertukar wawasan, dengan semangat tinggi mereka, kita penulis moody sering kali ketularan bersemangat mengerjakan deadline. Jika beruntung, peserta bisa bertemu teman satu kota sehingga bisa sharing lebih.

Alhamdulillah, kini setelah mengikuti KMO Batch 23 selama kurang lebih 2½ (dua setengah) bulan dengan segala drama, penulis berhasil menyelesaikan satu buah cerpen berjudul #DiTiap-tiapDinding yang sedang memasuki proses penerbitan dalam satu buku antologi bersama #DentingWaktu, dan tiga bab novel berjudul #Folklore dalam program “Sarkat (Sarapan Kata) 30 hari”. Semoga dengan capaian ini, ke depannya bisa terus berkomitmen.

Untuk pembaca yang ingin ikut program KMO Batch selanjutnya, bisa hubungi penulis di kolom komentar, ataupun di twitter @ditt_moo, instagram @adid_moo, dan wattpad @adid_moo.

---


Catatan kecil:
[ ] Kini 3 (tiga) bab awal #Folklore bisa dibaca gratis di aplikasi “KBM App”. 

[  ] Tunggu info selanjutnya untuk giveaway dan preorder buku antologi cerpen #DentingWaktu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages